PROFIL LPPM

Seiring dengan pendirian STIKes Kusuma Husada Surakarta maka dalam rangka pelaksanaan Tri Dhama Perguruan Tinggi maka dibentuk Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat semula dilaksanakan di tingkat Akademi sesuai sejarah pendirian STIKes Kusuma Husada Surakarta yaitu Akper dan Akbid Kusuma Husada Surakarta. Kegiatan penelitian dan pengabdian yang dilaksanakan oleh tiap Akademi tersebut adalah kegiatan monodisiplin yaitu keperawatan atau kebidanan. Sehubungan dengan pendirian STIKes Kusuma Husada Surakarta dan pendirian program studi S1 Keperawatan maka kegiatan yang melibatkan dua disiplin ilmu atau lebih dikordinasi oleh tingkat STIKes sehingga dibentuk LPPM yang terdiri dari 2 unit yaitu

  1. Unit Penelitian dan Pengembangan (Unit Litbang)
  2. Unit Pengabdian kepada Masyarakat (Unit Abdimas)

Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya yang sedemikian pesat menggugah kesadaran para pemangku kepentingan di STIKes Kusuma Husada Surakarta untuk membentuk Lembaga yang secara khusus menangani penelitian dan pengabdian masyarakat dengan SK Ketua STIKes Kusuma Husada Surakarta.

Semua kegiatan penelitian dikelola oleh Unit Litbang dan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 1999 pasal 43 bahwa : Lembaga Penelitian merupakan unsur pelaksana di STIKes Kusuma Husada Surakarta dengan mengkoordinir, memantau dan menilai pelaksanaan kegiatan penelitian serta ikut mengusahakan serta mengendalikan administrasi sumberdaya yang diperlukan di STIKes Kusuma Husada Surakarta. Selain itu, dibentuk juga Unit Pengabdian kepada Masyarakat (Unit Abdimas) merupakan unsur pelaksana kegiatan yang berkaitan dengan pengabdian kepada masyarakat di STIKes Kusuma Husada Surakarta.